Dua Jenis Kebotakan / Kerontokan Rambut

Kebotakan / Kerontokan Rambut yang sering terjadi secara garis besar dibagi menjadi dua. Tahukah anda, bahwa dari berbagai macam alasan yang dilontarkan kebanyakan orang yang menyebutkan bahwa penyebab kerontokan rambut atau botak itu sangat rumit, nyatanya sangat sederhana.

Jika anda bertanya kenapa ada orang berkepala botak dan sebagian tetap utuh, jawabannya sangat simple. Ya, sangat sederhana karena kebotakan pada pria atau wanita, umumnya disebabkan oleh hanya oleh 2 faktor :

1.Karena efek samping dari penggunaan obat-obat kemoterapi.

2. Karena keturunan ( dikenal dengan Sindrom Androgenetika alopecia)

Androgenetika Alopecia adalah kasus kerontokan rambut gradual yang sudah menyebabkan penipisan dan mengarah pada kebotakan permanen. Sindrom ini terjadi pada lebih dari 75% pria dan 30% wanita dengan rentang usia 20 – 50 tahun.  Jadi apabila anda mengalami kerontokan berkepanjangan yang mengakibatkan penipisan, dapat dipastikan anda mengalami Androgenetika Alopecia.

Proses pembotakan Androgenetika Alopecia mempunyai simptom yang identikal pada pria maupun wanita, yaitu : dimulai dengan penipisan rambut di areal garis rambut (hairline) dan bergerak bergerak menuju ke area crown [mahkota] dan vertex [ubun-ubun].

Penipisan ini akan terus terjadi (secara progresif) dan tidak dapat dihentikan dengan hair tonik ataupun perawatan rambut biasa.  Biasanya pada saat penipisan ini terjadi, kita menjadi panik dan mencoba mencari solusi mudah dengan cara Trial-Error, seperti misal menggunakan hair tonik, mengganti shampo, melakukan creambath, dll.  Hal-hal tersebut tidak akan membawa hasil apa-apa dan hanya membuang waktu saja.  Proses Trial-Error sangat tidak bermanfaat bagi folikel-folikel yang ada karena seiring dengan berjalannya waktu folikel-folikel menjadi makin terhimpit oleh deposisi DHT.

Androgenetika Alopecia disebabkan oleh ketidakmampuan metabolisme internal untuk membuang hormon DHT sehingga DHT yang seharusnya tersekresi keluar bersama dengan keringat, urine dan feses menjadi tersirkulasi ulang dalam tubuh dan menempel pada folikel

Itulah 2 Jenis Kebotakan / Kerontokan Rambut yang sering etrjadi secara garis besar

salam BBB

www.antibotak.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply