Normalkah Rambut Rontok Anda ??

Banyak yang bertanya kepada kami : Normalkah rambut yang gugur setiap hari ? Jika gugur setiap hari maka yang terbayang adalah punya rambut seperti Indro Warkop..Woowoo…

obat-rontok-indro-warkopTenang saja, anda tidak perlu khawatir seperti itu. Jika Anda telah melihat banyak rambut di bantal atau sisir dari biasanya wajarlah punya kekhawatiran seperti itu. Tapi tidak lantas sampai punya bayangan nanti punya penampilan seperti mas Indro Warkop yang lucu itu.

Anda perlu memahami dulu bahwa ada perbedaaan antara rambut yang gugur normal dan rambut yang rontok yang harus anda waspadai. Karena keduanya berbeda.

 

 

 

Pertama : Rambut gugur (shedding) = telogen effluvium

Jika anda mendapati rambut yang gugur antara 50 dan 100 rambut sehari adalah masih normal yaitu ketika pada saat rambut gugur itu anda mengalami stress akibat hal-hal sbb : .

– Melahirkan

– Mengalami banyak stres ( orang yang dicintai sakit , mengalami perceraian, kehilangan pekerjaan dan lain2..banyak lah ya pak, bu..)

– Mengalami demam tinggi

– Menjalani operasi

– Sembuh dari sakit , terutama jika mengalami demam tinggi

– Berhenti minum pil KB

obat-rontok-setelah-melahirkan

Dari kasus2 di atas, sebagai contoh jika seorang ibu yang baru melahirkan akan mengalami kerontokan rambut selama 2 bulan dan puncaknya sekitar empat bulan setelah melahirkan . Rambut yang gugur pasca melahirkan ini adalah gejala normal – dan sementara.

Sepertinya sel-sel tubuh kita yang selalu melakukan siklus dan regenerasi sel, maka rontok rambut berlebihan pasca melahirkan ini akan berhenti . Dalam waktu 6 sampai 9 bulan , rambut cenderung mendapatkan kembali kepenuhan normal .

 

 

Kedua : Rambut Rontok (hairloss) = effluvium anagen

Jenis rambut yang rontok ini adalah jika sudah terjadi rontok tidak diikuti oleh tumbuhnya rambut baru atau rambut berhenti tumbuhnya. Istilah medis untuk kondisi ini adalah effluvium anagen . Penyebab paling umum kehilangan rambut termasuk :

– Rambut rontok akibat genetik

– Sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan

– Beberapa obat-obatan dan perawatan

Pada kasus effluvium anagen maka jika Anda rambut rontok , maka rambut Anda tidak akan tumbuh kembalisampai penyebabnya diatasi / berhenti . Misalnya, orang yang menjalani perawatan kemoterapi atau radiasi sering kehilangan banyak rambut . Ketika pengobatan berhenti , rambut mereka cenderung tumbuh kembali .

Jika Anda menduga bahwa perawatan atau obat yang menyebabkan rambut rontok Anda , berbicara dengan dokter Anda . Efek samping yang serius dapat terjadi jika Anda segera menghentikan pengobatan atau obat .

Referrensi : http://www.aad.org/dermatology-a-to-z/health-and-beauty/hair-care/hair-loss-vs–hair-shedding

Khusus untuk rontok akobat genetik (androgenetica alopecia) anda tidak perlu khawatir. Kini hadir trichotherapy yang mampu menyebutkan dan menghentikan kerontokan disertai dengan proses penumbuhan rambut baru (vellus)

Silakan untuk lebih jelas untuk bisa mendapatkan produknya di kami :

 

 

ID antibotak Juli 2016

 

 

 

 

 

Share Button
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply